Pengambilan Nomor: Pengukuran Penampang Melintang Situ Cisanti (AMR)


PENGUKURAN PENAMPANG MELINTANG SITU CISANTI


Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan-hubungan timbal balik antar organisme hidup dengan lingkungannya. Salah satu kajian dari ekologi adalah ekosistem tempat organism itu hidup. Ekosistem (satuan fungsi dasar dalam ekologi) adalah suatu sistem yang didalamnya terkandung komunitas hayati dan saling mempengaruhi antara komponen biotik dan abiotik. Perairan permukaan diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama yaitu badan air tergenang (standing water atau lentik) dan badan air mengalir (flowing water atau lotik).
Danau atau situ memiliki karakteristik arus yang stagnan atau tenang, organisme yang hidup di dalamnya tidak membutukan adaptasi khusus, ada stratifikasi suhu, substrat umumnya berupa lumpur halus, dan residence time-nya lama. Danau atau situ merupakan satu dari tipe perairan darat dengan ciri utama tergenangdalam waktu tinggal yang lama, sehingga memungkinkan biota untuk hidup lebih lama dan berkembang.
Situ Cisanti adalah sebuah danau yang terletak ditengah hutan eucalyptus dan situ ini terletak cukup tinggi dari permukaan laut, oleh karena itu banyak yang mengatakan bahwa Situ Cisanti merupakan “Nadi Jawa Barat”. Situ cisanti pula merupakan hulu dari sungai Citarum, Sungai terbesar dan terlebar di Jawa Barat yang memiliki panjang 269 m dan membelah beberapa kabupaten dan kota. Situ Cisanti terletak di kaki Gunung Wayang sekitar 60 km sebelah selatan kota Bandung. Tepatnya di kampung Pejaten Desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari kabupaten Badung.
Situ Cisanti ini merupakan pertemuan 7 mata air yang diantaranya yaitu mata air Cikahuripan, mata air Cihaniwung, mata air Mastaka Citarum, mata air Cisadane, mata air Cikoleberes, mata air Cikawedukan, dan terakhir mata air Cisanti.

Tujuan
Tujuan dari Pengukuran Penampang Melintang Situ Cisanti ini adalah:
1          Untuk mengukur kedalaman air dan sedimentasi dari Situ Cisanti
2          Untuk menggambarkan penampang melintang Situ Cisanti.
3          Untuk membuat pemetaan sedimentasi dan kedalaman di Situ Cisanti.
4          Untuk memberikan informasi mengenai penampang melintang Situ Cisanti.
Waktu dan Tempat
Waktu


Hari, Tanggal
:
Sabtu, 27 Juni 2015
Waktu Pengukuran
:
13.00 – 15.50 WIB
Waktu Keseluruhan
:
08.00 – 21.00 WIB
Tempat


Nama Lokasi Pengamatan
:
Situ Cisanti
Kampung/Desa
:
Pejaten/Tarumajaya
Kecamatan
:
Kertasari
Kabupaten
:
Bandung


Personalia
Nama
Job Description
No. HP
Putri Zahwa Ps.
Operasional, Pengamat
087828980075
Irfan Maulana
Logistik, Pemegang GPS
085752934318
Rusmin Nuryadin
Operasional, Dokumentasi
085624783426
Huda Nurul Quddus
Pencatat
085722400254


Comments